Inovasi Kompor Gas Dengan Menggunakan Bahan Bakar Minyak Jelantah, Praktikum Santri Kelas VII PPTQ Syech Ahmad Chatib

Jum'at, 12 Oktober 2018

Bismillahirrahmanirrrahim
Pembelajaran yang menarik tidak hanya dilakukan monoton di ruang kelas. Pembelajaran menarik dapat kita lakukan di luar kelas ataupun di tempat menarik lainnya. Salah satunya yaitu melakukan pembelajaran di Labor Praktikum. Manfaat pembelajaran di Labor Praktikum ini dapat memberikan manfaat berupa praktikum nyata yang akan dilihat langsung oleh pengamatnya.

Pembelajaran yang menarik ini diterapkan oleh Santri kelas VII Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib. Praktek ini dilakukan dengan Ust Muhasril, guru yang mengayomi mata pelajaran IPA. Pembelajaran berbasis praktek kali ini tentang Inovasi Kompor Gas Dengan Menggunakan Bahan Bakar Minyak Jelantah. 

Minyak goreng bekas atau populer dengan sebutan minyak jelantah adalah sisa minyak goreng setelah digunakan untuk menggoreng lauk, kerupuk dan bahan makanan lainnya. Secara bentuk dan rasa mungkin minyak goreng bekas ini masih memungkinkan untuk dipakai. Namun, untuk kesehatan menggunakan minyak goreng bekas secara berulang tidak disarankan. Karena, minyak goreng bekas berpotensi menimbulkan gangguan berbahaya bagi kesehatan manusia.
Dengan pemanfaatan minyak goreng bekas sebagai bahan bakar ini, santri kelas VII melakukan praktek dengan cara merebus telur ayam. Telur yang telah direbus dan matang ini dapat di makan bersama-sama oleh mereka sebagai salah satu bentuk tercapainya pembelajaran praktek yang mereka lakukan.

Komentar