Kegiatan IN1 Pendamping Kurikulum 2013 Di SMA Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib

Minggu, 07 Oktober 2018


Bismillahirrahmanirrahim

Pada hari ini seluruh majelis guru SMA Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib melakukan kegiatan IN1 Pendamping Kurikulum 2013. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh majelis guru yang mengajar di SMA Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib.

Adapun tujuan umum dilaksanakannya pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tingkat SMA adalah memberi penguatan kepada sekolah agar dapat melaksanakan Kurikulum 2013 dari tahapan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pencapaian kompetensi peserta didik dengan baik. Tujuan khusus pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah meningkatkan kemampuan guru sehingga mampu dalam:
  1. Menyusun RPP.
  2. Menyusun instrumen (termasuk rubrik) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  3. Menyajikan pembelajaran dengan langkah-langkah pendekatan ilmiah.
  4. Melaksanakan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  5. Mengelola nilai peserta didik (termasuk mengisi buku laporan pencapaian kompetensi peserta didik).
  6. Dll.
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pendampingan adalah guru semakin memahami :
  1. Kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013.
  2. Isi buku siswa dan buku guru beserta penggunaannya.
  3. Proses pembelajaran.
  4. Proses penilaian.
  5. Pelaksanaan muatan lokal.
  6. Dll.
Semoga dengan adanya berbagai macam hasil yang telah di tetapkan dari pelaksanaan pendamping Kurikulum 2013 ini dapat berjalan dan diterapkan dengan lancar oleh guru-guru yang ada di Indonesia, dan terkhusus nya bagi guru SMA Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib yang telah melaksanakan kegiatan Pendamping Kurikulum 2013 ini.





Komentar