Partisipasi PP Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib pada Opening Hari Santri di MTI Canduang

Kamis, 18 Oktober 2018

Bismillahirrahmanirrahim
Hari Santri merupakan sebuah hari untuk memperingati peran besar kaum kiai dan kaum santri dalam perjuangannya melawan penajajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari Mbah KH. Hasyim pada tanggal 22 Oktober. Itulah alasan yang mendasari kenapa Hari Santri Nasional ditetapkan pada tanggal 22 Oktober. Sejarah membuktikan, para santri bersama dengan pejuang lainnya mempunyai peran yang sangat penting dalam merebut kembali kedaulatan Negara Republik Indonesia dari penjajah bangsa asing. Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober mempunyai makna yang begitu dalam bagi kalangan santri sendiri.

Dalam sejarah, peran mereka dalam memperjuangkan bangsa ini dari penjajah sudah tidak diragukan lagi. Mereka ikut berjuang dan mengorbankan nyawanya demi untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa. Sekarang ini, tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional pada tahun 2015 lalu oleh Bapak Presiden Jokowi. Hari itu merupakan sebuah hari yang membangun semangat santri untuk lebih memperbaiki kualitas diri demi kemajuan bangsa Indonesia untuk kedepannya. Karena mengingat sejarah itu sangat penting sekali. Dari sejarah kita akan mendapatkan ilmu dan wawasan yang begitu luas. Ingatan sejarah akan memberikan bekal ilmu pada zaman yang modern ini.

Dalam pelaksanaan Hari Santri ini salah satu Sekolah yang ikut menyelenggarakan nya yaitu Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang. Sekolah ini menyelenggarakan Opening Hari Santri Nasional sebagai salah satu wujud keikutsertaan mereka dalam menyambut Hari Santri Nasional. Pada kegiatan Opening Hari Santri ini, banyak pesantren yang ikut menghadiri dan berpartisipasi. Salah satunya yaitu Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi.

 
  
 
 

Komentar