Rangkaian Kegiatan Dalam Seleksi Penerimaan Santri TP 2019/2020

Senin, 28 Januari 2019

Bismillahirrahmanirrahim


Alhamdulillahirabbil'alamin atas izin Allah SWT pada kesempatan ini Pesantren Tahfizhul Qur'an diberikan kepercayaan yang sangat baik dalam mendidik anak-anak generasi penerus Agama Islam. Pada tahun ajaran ini jumlah anak/santri yang akan belajar di Pesantren Tahfizhul Qur'an meningkat dari tahun ajaran sebelumnya. Santri yang mendaftar pada gelombang I ini sudah mencapai batas perkiraan yang ditargetkan oleh Tim Penerimaan Satri Baru (PSB). Pada tahap gelombang I ini juga langsung dilakukan seleksi awal untuk menguji seberapa banyak persiapan bekal yang dimiliki oleh calon bakal santri untuk belajar di Pesantren ini.
Pengarahan serta penjelasan mengenai Pesantren yang disampaikan oleh Pimpinan 

Seleksi ini terdirii dari Dua macam tes, yaitu Tes Lisan dan Tes Tulisan. Pada tes lisan, calon santri akan diminta untuk membaca Al-Qur'an sesuai dengan arahan penguji, kemudian dilanjutkan dengan membacakan surat-surat pendek yang ada pada juz 30 dan diakhiri dengan seputar pertanyaan yang berisikan dengan agama islam.
Tes Lisan (Bacaan Al-Qur'an, Hafalan dan tanya jawab) oleh calon santri

Lalu pada Tes kedua, seluruh calon santri akan menjawab pertanyaan soal tertulis yang beirisikan pengetahuan Alam, Pengetahuan Sosial dan Hitungan Matematika. Tes kedua ini dilaksanakan di ruangan kelas dengan 1 orang pengawas. Soal-Soal yang diajukan merupakan soal-soal dasar yang mereka pelajari dahulunya di bangku Sekolah Dasar masing-masing. 
Tes Tulisan, menjawab pertanyaan seputar pengetahuan Alam,Sosial dan Hitungan

Hasil ujian calon santri akan diumumkan oleh Tim PSB setelah melakukan berbagai tahap penilaian. Calon santri yang lulus pada gelombang ini akan diberitahu agar mempersiapkan dirinya untuk masuk ketika proses pembelajaran tahun ajaran baru sudah dimulai. Informasi segala jenis peralatan dan keperluannya akan diberitahukan langsung oleh tim PSB. Harapan kami, semoga Calon Santri yang lolos seleksi di Pesantren ini, nantinya diberikan kemudahan dalam setiap aktifitas dan menuntut ilmunya. Aminn ya Rabbal 'Alaamin   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL BANTUAN UNTUK PEMBANGUNAN LANJUTAN ASRAMA SANTRI

2 Orang Santri Ma'had Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib Lolos Babak Final Pada Kegiatan MTQ Tingkar SUMBAR