Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Ujian Nasional (UN) TP 2018/2019 Di Padang

Senin, 04 Maret 2019

Bismillahirrahmanirrahim


Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar) melakukan sosialisasikan UNBK tahun ajaran 2018/2019, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota di Sumbar, Kemenag Sumbar, Kemenag Kab/Kota Sumbar, Kepala Cabang Dinas Pendidikan, dan Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB dan MA. Kegiatan ini bertempat di Rocky Hotel Padang (28/1).

Ujian sekolah yang ada dalam pendidikan adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik terhadap standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran yang dilakukan oleh satuan pendidikan. Ada lagi yang tak kalah pentingnya yaitu Ujian Nasional, adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara Nasional dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan. Saat ini pemerintah mengupgrade Ujian sekolah, dari Ujian Nasional dengan standar UNPBT (Ujian Nasional Paper Based Test) ke UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Tujuan pemerintah yang ingin meningkatkan kualitas Ujian Nasional dari segala sisi termasuk tekniks pelaksanaannya sepenuhnya didukung oleh seluruh lapisan masyarakat terutama institusi sekolah sebagai pelaksana  proses pendidikan.
Kepala Sekolah SMA/Pimpinan Pesantren Saat Menghadiri Sosialisasi UN Di Padang 
Kegiatan ini dibuka oleh Kadisdik Sumbar, yang dalam sambutannya, Kadisdik Sumbar Burhasman menyampaikan UN nantinya harus sesuai dalam prosedur operasional standar (POS) meliputi fasilitas dalam UN, persiapan UN dan soal, teknis pelaksanaan dan membentuk panitia UN tingkat provinsi.
Lebih lanjut nantinya pihak sekolah harus mengetahui kelemahan dan kelebihan siswanya, agar dapat meningkatkan hasil UN yang baik, dan guru pendamping harus tahu kemampuan siswanya, jika siswa mampu dan berpotensi bidang Fisika, guru harus mampu menggiring ke jalur yang baik.

Selain sosialiasikan Pelaksanaan UN, Kepala Dinas Pendidikan Kab/kota berserta Kakanmenag kab/kota juga menandatangani Palta Integritas untuk pelaksanaan UN, agar sanggup meningkatkan kualitas, kredibilitas dan akuntabilitas UN sesuai POS dan sanggup secara bersama-sama menjaga kelancaran UN dan jujur melaksanakan UN. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sumbar Burhasman, Kakanwil Kemenag Sumbar, dan Panitia pelaksana UN 2018/2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL BANTUAN UNTUK PEMBANGUNAN LANJUTAN ASRAMA SANTRI

2 Orang Santri Ma'had Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib Lolos Babak Final Pada Kegiatan MTQ Tingkar SUMBAR