LOKAKARYA (Menggunakan Google-Form Untuk Evaluasi Belajar Siswa) Oleh Bapak Miftahul Khair, Ph.D

Senin, 24 Mei 2019

Bismillahirrahmanirrahim


Kegiatan lokakarya Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an pada kesempatan kali ini diNarasumberkan oleh Bapak Miftahul Khair, Ph.D. Beliau merupakan salah seorang Dosen dari Universitas Negeri Padang (UNP). Adapun tema pertemuan lokakarya pada kesempatan kali ini yaitu Menggunakan Google-Form Untuk Evaluasi Belajar Siswa. Adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini yaitu dari seluruh majelis guru dan pegawai dan tentunya juga narasumber dari kegiatan lokakarya ini.



Kegiatan yang dilaksanakan pada akhir tahun pembelajaran merupakan salah satu alat evaluasi untuk pembelajaran selama satu tahun yang telah dilalui. Dengan adanya evaluasi ini, unsur-unsur yang terlibat dalam sekolah tentu bisa mengetahui sejauh mana pencapaian yang telah didapatkan serta kekurangan yang belum dilaksanakan dalam satu tahun pembelajaran. Evaluasi ini juga berguna untuk menampung ide-ide baru yang akan dikembangkan nantinya pada tahun pembelajaran yang akan datang. Tentunya dengan pertimbangan positif juga, apakah ide-ide yang dikemukakan tersebut layak untuk diterapkan atau tidak.
  
                               

Kemudian juga dilakukan perumusan masalah beserta dengan penyelesaiannya langsung. Dimana setiap masalah yang terjadi dalam satu tahun masa pembelajaran di kemukakan oleh seluruh unsur sekolah, kemudian dicarikan solusi dan penyelesaian dari permasalahan tersebut dengan baik, tanpa ada merugikan sebelah pihak manapun. Solusi dan penyelesaian yang diberikan tentunya juga harus bernilai positif dan memberika dampak yang baik bagi seluruh unsur-unsur sekolah.


Lalu dengan adanya perumusan diatas tadi, dapat disusun berbagai program baru yang akan dilaksanakan pada tahun pembelajaran baru yang akan datang nantinya. Rumusan-rumusan yang dikemukakan hendaknya bersifat positif yang jika diterapkan akan sangatlah berdampak baik bagi seluruh unsur sekolah, dan juga tentunya setiap rogram-program yang disusun haruslah nantinya bisa mencapai tujuan akhir dari visi yang dimiliki oleh sekolah tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL BANTUAN UNTUK PEMBANGUNAN LANJUTAN ASRAMA SANTRI

2 Orang Santri Ma'had Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib Lolos Babak Final Pada Kegiatan MTQ Tingkar SUMBAR