Hari Raya Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Qurban Di Pesantren Tahfizhul Qur'an

Minggu, 11 Agustus 2019

Bismillahirrahmanirrahim

 


Hari Raya Idul Adha dirayakan dengan berkurban. Berkurban, atau menyembelih hewan kurban yang dilakukan setelah melakukan salat Idul Adha, menjadi salah satu amal kebaikan yang disukai oleh Allah. Berkurban dapat dilakukan dengan membeli hewan ternak secara pribadi atau berkelompok lalu menyembelihnya. Lalu, daging kurban dapat dibagikan kepada orang yang membutuhkan di lingkungan sekitar.

Berkurban sangat dianjurkan bagi seorang Muslim yang mampu. Dilakukan pada Hari Raya Idul Adha atau 10 Dzulhijjah, dan pada hari tasyrik di 11-13 Dzulhijjah. Perintah kurban sendiri sudah diterapkan sejak masa Nabi Adam, Nabi Ibrahim, dan Nabi Muhammad. Tercantum dalam Alquran di surat Al-Kautsar ayat 2 dan surat Al-Hajj ayat 34-35. "Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah," terjemahan surat Al-Kautsar ayat 2.


Sejumlah hadis juga meriwayatkan Rasulullah berkurban saat Hari Raya Idul Adha. Rasulullah disebut melakukan kurban setiap tahun dengan menyembelih kambing. Selain kambing, ternak lain yang bisa dijadikan hewan kurban ialah domba, sapi, kerbau, dan unta. Allah memberikan sejumlah keutamaan bagi orang yang berkurban. Salah satunya adalah ampunan untuk keluarganya. "Siapa yang berkurban atau menyembelih kurban akan mendapatkan ampunan Allah dan juga ampunan atas dosa anak, istri dan keluarganya".

Alhamdulillah pada kesempatan Qurban tahun ini, kita dapat menyembelih hewan Qurban sebanyak 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Berkurban juga dapat menyucikan atau membersihkan harta dan rezeki yang telah diperoleh. Di samping menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan. Dengan begitu, umat Islam yang berkurban dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketakwaan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL BANTUAN UNTUK PEMBANGUNAN LANJUTAN ASRAMA SANTRI

2 Orang Santri Ma'had Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib Lolos Babak Final Pada Kegiatan MTQ Tingkar SUMBAR