Pelatihan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Organisasi Syu'uni Tholibah (OIST/OSIS) Pesantren Tahfizhul Qur'an


Jum'at-Minggu, 22 - 24 November 2019

Bismillahirrahmanirrahim


Dalam menjalankan roda organisasi pada suatu lembaga, pasti dibutuhkan kerja sama yang baik antara pimpinan dan masing-masing anggotanya. Organisasi yang baik pasti akan terstruktur dan dijalankan dengan anggota yang baik pula. Pemimpin dan anggota yang baik, pasti sudah dilatih dan menjadi terlatih dengan pembiasaan yang dilakukannya sehari-hari. Organisasi yang baik juga harus dibekali dengan pelatihan dasar. Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan sebuah wadah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. 


LDK biasanya dilaksanakan selama 2-3 hari, dimana pemberian materi yang bersangkutan dengan kepemimpinan dilakukan di ruangan terbuka maupun tertutup. Pada sesi pemberian materi di ruangan tertutup, cenderung pemateri biasanya memberikan cakupan dan sebuah masalah yang hanya dipecahkan solusinya oleh seorang pemimpin dalam lingkup ruang tertutup juga. Dan juga pembahasan materi yang dilakukan dalam ruang tertutup lebih cenderung kepada pemberian materi secara untuh terlebih dahulu, agar ilmu dasar yang wajib dimiliki oleh seseorang yang akan memimpin lebih mantap dan duduk dalam pemahaman masing-masing peserta LDK. Sedangkan pemberian materi dalam sesi ruang terbuka akan cenderung kepada pemecahan masalah yang cakupan dan logika pemikirannya juga harus luas. Peserta LDK juga akan mengikuti materi yang dikaitkan dengan pembelajaran berbasis game yang ini akan mencoba membantu mereka juga dalam bagaimana tindakan/aksi seorang pemimpin dalam pemecahan masalah. Organisasi Syu'uni Tholabah (OIST/OSIS) ini diikuti oleh seluruh santri kelas X dan XI Pesantren Tahfizhul Qur'an. 


Semoga dengan adanya pelatihan dasar untuk seorang pemimpin ini, mereka dapat mengamalkan dan memberikan contoh yang baik bagaimana layaknya seorang pemimpin dalam organisasi. Pemimpin bukan hanya memerintah, tetapi juga memberikan contoh dan penerapan yang baik untuk organisasi dan orang yang terlibat dalam organisasi tersebut. Dan semoga santri kita mendapatkan ilmu yang berharga atas pelatihan dasar kepemimpinan ini, ilmu yang berharga beserta dengan penerapan ilmu yang berharga juga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL BANTUAN UNTUK PEMBANGUNAN LANJUTAN ASRAMA SANTRI

2 Orang Santri Ma'had Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib Lolos Babak Final Pada Kegiatan MTQ Tingkar SUMBAR