Visi-Misi

MUKADDIMAH
بســـــم الله الرحمن الرحيـــــم 

Ma’had Tahfizh al-Qur’an Syech Ahmad Chatib al-Minangkabawi merupakan sebuah pondok pesantren yang lahir dari suatu inspirasi untuk membangkitkan kembali semangat mendalami ilmu agama, termasuk ilmu-ilmu lainnya sebagai tiang utama dalam menjalani proses kehidupan.

Pada abad 19, semangat tersebut pernah dikobarkan oleh Syech Ahmad Chatib al-Minangkabawi, salah seorang ulama Minangkabau yang pernah menjadi Imam Besar Masjidil Haram dalam mazhab Syafi’i, sehingga beliau berhasil mencetak para ulama Nusantara.

Kualitas keilmuan beliau inilah yang menjadi salah satu penopang semangat pesantren ini dalam usaha menciptakan kembali kader-kader ulama yang memahami al-Qur’an dan Sunnah sebagai pedoman hidupnya, berakidah yang lurus dan kokoh.


Penajaman akidah tersebut, kemudian ditempuh dengan cara mengkonsentrasikan diri pada Tahfizh al-Qur’an (menghafal al-Qur’an) tanpa mengenyampingkan ilmu pengetahuan lainnya.



Latar Belakang Perumusan Visi, Misi Dan Tujuan
Melihat kepada perkembangan zaman akhir-akhir ini banyak terjadinya krisis dalam berbagai bidang, diantaranya bidang ilmu agama. Oleh karena itu kami merasa perlu untuk merumuskan Visi, Misi dan Tujuan Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib yang betul-betul mampu menjawab tantangan dari krisis yang terjadi dilapangan, diharapkan juga kepada para Santri mampu menjadi pribadi yang multiguna yaitu perpaduan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.


Visi & Misi
Visi
Terwujudnya Huffaz Al-Qur’an yang memiliki kompetensi santri rabbani.


Misi
 Membina dan membentuk Santri sehingga memiliki wawasan di bidang IPTEK dan berkatakter IMTAQ.
 Melahirkan kembali kader Ulama yang berbasis pada penajaman aqidah, syari'ah yang sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah.
 Mendirikan dan mengembangkan pola pendidikan Pesantren Integral yang berbasis Al-Qur'an dan Sunnah.
 Mensyi'arkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur'an ditengah-tengah masyarakat.
 Menanamkan, menumbuh dan mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam pelestarian sumber daya alam serta lingkungan.

Tujuan Khusus
Untuk mewujudkan Visi dan Misi Lembaga ini, maka Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib menetapkan tujuan sebagai berikut :

 Mendidik para santri untuk Hafizh Al-Qur'an serta menanamkan nilai-nilainya.
 Membina para santri agar beraqidah yang kokoh, beribadah dengan benar, berakhlak mulia dan berbadan sehat.
Membina dan mendidik para santri agar menguasai bahasa arab, sehingga diharapkan mampu menggali ilmu dan menerapkan Syari'at Islam dari sumber aslinya, Al-Qur'an dan As-Sunnah. 
Membina dan mendidik para santri agar menguasai bahasa inggris, sehingga diharapkan dapat berkomunikasi aktif dan mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi.
 Mendidik santri agar memiliki wawasan Dirasah Islamiah.
 Menanamkan semangat beragama, berbangsa dan bernegara sehingga mereka dapat melaksanakan kewajiban dan bertanggung jawab terhadap tersebarnya syi'ar Islam dan suksesnya pembangunan Negara Republik Indonesia.

Dari paparan strategi-strategi pendidikan tersebut, maka diharapkan alumni Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Syech Ahmad Chatib memiliki kompetensi sebagai berikut :


 Kemampuan akademik setara SMA IT.
 Hafalan Al-Qur'an sekurang-kurangnya 10 Juz.
 Mampu berbahasa Arab dan Inggris.
 Terampil berpidato, pramuka dan komputer.
 Memiliki semangat keislaman yang tinggi.

Risalah Awal Pendirian Ma’had

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuhu
Dengan izin Allah telah kami coba menjalankan sebuah lembaga pendidikan khusus yang kami namai : MA’HAD TAHFIDZUL QUR’AN SYECH AHMAD CHATIB AL-
MINANGKABAWI, PROGRAM SMP-TIQ (TAHFIDZUL QUR’AN), bertempat di Koto Tuo Balai Gurah Ampek Angkek Kabupaten Agam.

Berawal dari niat baik, untuk mendidik anak kemenakan kita menjadi orang-orang yang faham agama Islam, kami mencoba mendidik mereka yang berminat pada tingkatan pendidikan menengah pertama dengan materi tambahan / utama sebagai penghafal al Quran. Prasarana berupa gedung sekolah sudah kami rintis sejak tahun 2005 yang lalu. Alhamdulillah saat ini sudah berdiri sebuah gedung permanen (awal) dengan empat ruang kelas berikut fasilitas tempat tinggal lengkap dengan kamar mandi dan ruangan tidur di Kasiak – KotoTuo Balai Gurah.

Pada tahun ajaran 2008 – 2009 kami menerima empat orang sarjana pendidikanyang kami persiapkan menjadi motor penggerak sekolah yang kami cita-citakan itu. Mereka yang berempat orang ini langsung tinggal di asrama tersebut mempersiapkan segala sesuatunya disamping mereka sendiri mempersiapkan diri dengan menghafalkan al Quran di bawah bimbingan dua orang ustadz yang insya Allah juga akan terlibat sebagai tenaga pengajar di sekolah ini. Selama setahun alhamdulillah mereka sudah menghafalkan 10 juz.

Langkah baru saja diayunkan, tahun ajaran 2009 – 2010 ini kami baru saja menerima murid untuk pertama kalinya. Selebaran berisi informasi tentang sekolah yang akan dimulai itu disebar ke sekolah-sekolah dan ke masjid-masjid di Bukit Tinggi dan sekitarnya, Payakumbuh dan sekitarnya sejak bulan April 2009 yang lalu. Mungkin karena baru dibuka, animo masyarakat masih sangat minim. Kami hanya menerima pendaftaran untuk 7 orang. 
Namun kami sudah bertekad untuk tetap melangkah maju. Dengan 7 orang itu, dengan bismillah kami mulai melangkah. 
Tidak mudah bagi anak-anak yang 7 orang ini untuk berada di sebuah lingkungan asing di Koto Tuo Balai Gurah untuk bertahan. Ternyata akhirnya sampai saat ini hanya 4 orang yang bertahan. Dari yang empat orang siswa ini kami tetap penuh harapan ke masa depan. Mudah-mudahan di tahun-tahun yang akan datang sekolah ini akan dikenal orang lebih baik, dan lebih banyak lagi orang tua yang mau menyekolahkan anak-anaknya. Amiin.

Menjalankan kegiatan pendidikan ini tentu saja memerlukan biaya. Kami mencoba menekan biaya itu 
ke titik yang paling sederhana seperti yang dilaporkan oleh pelaksana sebagai berikut; 
RANCANGAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL BULANAN 
1. Honor Pembina Pondok 5 Orang @ Rp 400.000: Rp. 2.000.000
2. Honor Ustadz Afdhil perbulan: Rp.600.000
3. Honor Guru, 38 Jam Pelajaran. @ Rp 20.000: Rp.760.000
4. Beli Tinta spidol 3 kotak @ Rp 10.000  Rp.30.000
5. Biaya Makan 10 orang (santri dan pembina)  300.000/hr x 30 hari: Rp. 3.000.000
6. Dana Tak Terduga 100.000: Rp 100.000 Jumlah Rp. 6.490.000
Terbilang( Enam Juta Empat Ratus Sembilan Puluh Ribu Rupiah )

Kami sangat mengharapkan uluran tangan setiap mereka-mereka yang ikhlas untuk menunjang kelancaran pendidikan di sekolah ini. 
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuhu


Muhammad Dafiq Saib Sutan Lembang Alam (Suku : Koto, Nagari asal : Koto Tuo - Balai Gurah, Bukit Tinggi 58 th, Bekasi) 
Sumber : arsip rantaunet@googlegroups.com, 


August 18, 2009